Monday, October 15, 2012

Refresh


Finally setelah tenggelam dalam kesibukan pekerjaan dan kuliah akhirnya bisa juga liburan keobjek wisata alam. Kalau tdk dipaksakan sebenarnya untuk liburan ketempat wisata alam itu agak males juga, selain harus menghabiskan banyak waktu dijalan, yg pasti bakal capek banget kalau keesokan harinya harus beraktifitas kembali seperti biasa (kerja or kuliah). Jadi klo libur paling saya yah ke mall, nonton, makan, nongki2 cantik gitu deh,hehehe...


Namun karena kepenatan yg sudah begitu memuncak, kali ini saya memaksakan diri utk berlibur keobjek wisata alam Umbul Sidomukti Semarang, untuk bisa merefresh pikiran and spirit. Kalau dari Yogyakarta untuk mencapai objek wisata ini menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam sudah plus utk isi bensin and istirahat makan sebentar. Untuk penginapan di objek wisata ini sangat mudah didapatkan, untuk tarifnya juga sangat terjangkau. Untuk lebih nyaman sebaiknya berangkat malam kemudian nginep agar tidak terlalu lelah sehingga keesokan harinya bisa langsung menikmati keindahan objek wisata ini dengan stamina yang fit. Untuk tiket masuk ke wisata ini terbilang murah hanya Rp 8000,-/orang.


Objek wisata ini terletak di lereng gunung Ungaran pada ketinggian 1200dpl, persis di tepi jurang dan lembah, sehingga dari kolam ini kita bisa juga melihat langsung pemandangan kota Semarang. Harusnya dgn ketinggian tersebut hawanya sangat dingin, tapi tdk tau knpa ketika saya kesana hawanya tidak terasa dingin dan bukitnya kuning mungkin karena kemarau panjang yg sedang melanda pulau Jawa. Dengan ketinggian tersebut Umbul Sidomukti juga di sebut-sebut sebagai kolam renang alami tertinggi di Indonesia.

Selain untuk berenang dikolam alaminya, objek wisata ini juga banyak menyediakan wahana salah satunya wahana yg memacu adrenalin, diwahana ini kita ditantang untuk menguji segede apa nyali kita. Berikut tarif terakhir wahana pacu adrenalin ketika saya berkunjung kesana.


Tidak semua wahana ingin saya coba karena pertimbangan waktu yg terbatas dan stamina yg masih harus disimpen untuk perjalanan pulang dan untuk kembali bekerja-kuliah keesokan harinya. Wahana pertama yang saya pilih untuk menguji nyali saya adalah wahana Flying fox sepanjang kurang lebih 100 meter melintasi jurang dengan kedalaman lembah lebih dari 70 meter. Kalau menurut saya pribadi wahana ini biasa aja masih lebih ekstrem ketika naik wahana rollercoaster and tornado yang ada di dufan :) Tapi yg bikin asik ketika naik wahana ini kita bisa melaju berada diantara bukit sehingga bisa menikmati keindahan alamnya lebih deket and lebih nyata.




Untuk wahana kedua dan wahana terakhir yg saya pilih adalah wahana Marine Bridge (jembatan tali) sepanjang 60 meter dengan jurang dibawahnya dengan kedalaman lebih dari 30 meter. Jujur wahana ini ekstrem bangettt, sebenarnya saya pribadi takut ketinggian dan paling takut kalau melewati jembatan seakan kalau melewati jembatan akan terjatuh, yg biasa diantara sungai. Nah kali ini jembatan malah hanya terbuat dari tali dan bawahnya jurang, ketakutan pun semakin menjadi2, namun saya tetap memaksakan diri untuk mencoba wahana ini, saya ingin menguji dan menaklukan rasa takut saya akan jembatan dan ketinggian. Hampir sempat menyerah, namun akhirnya sampai juga ke sisi bukit walau harus menghabiskan waktu yg lebih lama dibandingkan kalo berani. Yeah seneng banget rasanya bisa mengalahkan rasa takut pencapaian tertinggi buat diri sendiri :)



Setelah mencoba dua wahana sebagai akhir dari perjalanan saya mencoba berenang di kolam alaminya, sebenarnya gk berenang juga sih cz saya juga gk bisa berenang :) setidaknya nyoba nyemplung kedalam kolam yg airnya bersumber langsung dari mata air ngetihan, bisa ngebayangin sendiri deh gmna segernya air yg berasal dari mata air, tapi sayangnya ketika saya kesana yg saya liat airnya kotor apa mungkin pengaruh dari kolamnya yg kotor saya tidak begitu tau pasti.


Overall wisata ini bagus, hanya kurang pengelolaan aja, infrastruktur jalan menuju ke wisata ini juga masih belum begitu mulus, kebersihan di area kamar ganti dan kamar mandi juga kurang diperhatikan. Untuk penitipan juga tidak disediakan loker, sebenarnya ada namun bila ingin menggunakan loker yg tersedia harus membayar 20k, jadi banyak wisatawan lebih memilih menaruh pakaian didekat sekitar kolam. 



Oya hampir lupa klo wisata pastinya gk afdol tanpa membeli makanan yg khas asal daerah wisata, nah klo di objek wisata ini terkenal akan hasil buah kelengkengnya. Nah diperjalanan pulang saya menyempatkan diri untuk membeli kelengkeng yg rasanya emang enak manis banget. Untuk harganya mulai dari 13k-25k, bisa dicoba kok, jadi bisa pilih sesuai dengan kelengkeng yang disukai :)



Yah begitulah pengalaman saya ketika berkunjung keobjek Wisata Umbul Sidomukti, mungkin bagi yg sudah pernah berkunjung kesana pengalamanannya berbeda dari pengalaman yg saya alami, dan bagi yg belum pernah dan ingin berwisata kesana, saya harap semoga ketika kesana wisatanya sudah lebih baik lagi :)

Luv Tha








2 comments:

  1. Kok gak sekalian posting tempat kopi sidomukti.... Kereeeen

    ReplyDelete
  2. Tempat kopinya yg dimananya yah?? :)

    ReplyDelete